Sunday, December 18, 2011

Kuliah Tamu II : Public Speaking

Postingan saya kali ini adalah sekuel dari postingan saya yang berjudul Kuliah Tamu I : Menulis Populer. Judul postingan kali ini adalah Kuliah Tamu II : Public Speaking. Bagaimana kuliah tamu yang kedua ini? Apa saja yang dibicarakan? Siapa pembicaranya? Jawabannya bisa dibaca di bawah ini. Selamat membaca.
Kuliah tamu yang kedua ini diadakan hari Jumat , 16 Desember 2011 bertempat di ruang diskusi Sistem Informasi di lantai 2. Topik yang dibicarakan di kuliah tamu kali ini adalah tentang “Communication Skill  for Public Speaking”. Pembicaranya adalah Dista Nugraha dan Ulin Rastiti. Yang dibahas dalam kuliah tamu kali ini:
Pertama adalah tentang komunikasi. Komunikasi adalah suatu proses untuk menyampaikan informasi atau menyampaikan apa yang kita pikirkan. Hal penting yang harus diperhatikan dalam berkomunikasi adalah jangan sampai penerima informasi, salah persepsi. Dan yang kedua adalah mengerti tentang apa yang dikomunikasikan. Faktor-faktor penting dalam berkomunikasi adalah:
-          Komunikator (penyampai informasi)
-          Komunikan (penerima informasi)
-          Pesan yang akan disampaikan
-          Media penyampai informasi
-          Feedback / respon , bisa secara langsung maupun tidak langsung.
Ternyata, berkomunikasi ada seninya juga. Seninya adalah menyampaikan informasi dengan nyaman dan tidak membosankan. Selanjutnya, kita harus bisa mempengaruhi. Dan yang terpenting dalam seni berkomunikasi adalah kita harus menjadikan sisi positif yang ada di dalam diri kita semakin menarik dan juga menjauhkan sisi negatif menjadi sebuah cela.
Berikutnya adalah materi utama dari kuliah tamu ini yaitu Public Speaking. Secara bahasa artinya adalah berbicara di depan banyak orang. Namun untuk bisa berbicara di depan umum dengan baik, seseorang harus memperhatikan hal-hal di bawah ini:
Kendala dalam public speaking
misalnya tidak paham dengan apa yang ingin disampaikan, cara penyampaian (seni berkomunikasi) kurang baik, kurang bisa mengendalikan diri.
Merebut perhatian audience
Menggunakan cara 3V yaitu Vokal, Verbal, dan Visualisasi. Maksudnya adalah suara kita harus terdengar dan jelas. Mampu merangkai kata yang indah agar mudah diingat. Dan bahasa tubuh kita juga harus baik.
Tips mempertahankan fokus dan mood audience
-          Lakukan eye contact dengan audience
-          Rangkul audience dalam artian perhatikan semua audience
-          Hipnotis audience dengan kemampuan kita 
-       Jangan biarkan mereka asyik dengan dunianya sendiri , gunakan sindiran-sindiran halus ataupun lawakan ringan.

Sekian reportase saya mengenai Kuliah tamu Keterampilan Interpersonal yang kedua. Semoga informasi ini bermanfaat. Terima kasih.



Artikel Terkait

1 comment:

  1. bosan kalah terus?

    silahkan coba daftar di Zeusbola!
    hanya dengan modal 50 ribu sudah bisa menjadi jutawan lohh bosquu


    INFO SELANJUTNYA SEGERA HUBUNGI KAMI DI :
    WHATSAPP :+62 822-7710-4607
    TELEGRAM :@zeusbola
    FACEBOOK :zeusbolame
    INSTAGRAM :@zeusbola.official
    TWITTER :@zeusbola

    #zeusbolaterpercaya#SitusDepositViaPulsa #depositviapulsa #agenSitusDepopulsa #agendepopulsa #agendepopakaiovo #depositviaovo #bonusfreechip #bonusfreebet

    ReplyDelete