Friday, December 16, 2011

Jurusan Sistem Informasi

Jurusan Sistem Informasi (SI) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Apa sih itu? Jika pertanyaan itu saya ajukan pada anak-anak SMA rata-rata jawabannya adalah tentang ilmu komputer, seperti Informatika tapi cuman ngurusin software tanpa mengurusi hardware, dan parahnya adalah SI lebih sering dianggap sebagai “buangan” dari Teknik Informatika ITS. Saya semasa SMA pun beranggapan seperti opini yang kedua. Seperti Informatika namun lebih terkhusus untuk software. Faktanya, ketiga opini di atas tidak sepenuhnya salah. Hanya SI tidak sekaku opini di atas. Setelah kuliah di SI ITS selama hampir 1 semester ini, saya merasa pandangan orang luar tentang SI masih kurang pas. Masih banyak hal yang belum diketahui orang lain tentang SI. Apa itu? Silahkan membaca postingan saya ini. Selamat membaca.

Dari namanya, bisa kita lihat bahwa jurusan ini bergerak di bidang information technology (IT). Dan yang namanya IT, hubungannya adalah dengan komputer. Berarti SI sama seperti Teknik Informatika dong? Jawabannya adalah tidak. Meskipun memiliki beberapa kesamaan, SI dan Informatika berbeda. Jika Informatika mempelajari ilmu tentang komputer, SI mempelajari sistemnya. Jika di Informatika, mata kuliahnya banyak berhubungan dan fokus dengan komputer dan matematika, di SI tidak melulu tentang komputer. Banyak sekali mata kuliah yang tidak berhubungan dengan komputer. Contohnya di SI ITS terdapat mata kuliah Keterampilan Interpersonal, Bisnis Cerdas, Sistem Fungsional Bisnis, dsb. Yang lebih dominan di ilmu SI ini adalah bagaimana mengelola informasi, manajemen dan bisnis.
Awal masuk ke SI ITS ini, saya hanya berekspektasi mendapat ilmu tentang komputer. Ilmu tentang koding, basis data, dsb. Sangat standar. Bahkan jujur, saya di SI ini tidak ada motivasi awalnya. Karena saya berpikir jurusan ini kaku dan melulu tentang komputer. Namun setelah pengenalan jurusan dan mengetahui ilmu SI yang sebenarnya, anggapan saya mengenai SI yang kaku dan kurang menyenangkan terbantahkan. Ternyata jurusan ini sangat menarik. Mata kuliahnya bervariasi. Saya serasa mendapat bonus saat mengetahui di SI, selain mempelajari komputer, mahasiswanya juga diajari bisnis, diajari berinteraksi dan komunikasi, dan juga diajari manajemen. Benar-benar di luar ekpektasi saya.
Komputer di jurusan ini memang alat utama dan juga komponen utama untuk dipelajari karena SI bergerak di bidang IT. Tapi yang dipelajari dari komputer semisal ngoding, jaringan, dsb itu hanyalah dasar-dasarnya. Yang lebih banyak adalah tentang manajemen IT. Bagaimana pengimplementasian dan penerapan dari IT itu sendiri. SI memanfaatkan IT yang sudah ada untuk diterapkan ke masyarakat. Sesuai dengan tagline dari SI ITS yaitu “they built IT, we make fortune from it”.
Selain IT, di SI juga diajari tentang berkomunikasi, interaksi dan bersosialisasi dengan orang lain. Ilmu tentang komunikasi dan interaksi ini adalah hal yang penting dalam Sistem Informasi. Penyebaran informasi yang utama adalah dengan komunikasi. Oleh karena itu, di jurusan yang mempelajari tentang sistem jalannya informasi ini, mahasiswa diajari bagaimana berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Salah satu mata kuliah di SI ITS yang memberi kita pengetahuan tentang interaksi dengan orang lain adalah Keterampilan Interpersonal.
Selanjutnya di SI juga diajarkan bisnis. Mahasiswa diajarkan untuk mengelola dan memanfaatkan IT untuk kemudian dijual. Mahasiswa juga diajarkan untuk menjadi technopreneur yang baik. Mampu berwirausaha, mampu berbisnis dan mengelola bisnis tersebut dengan baik. Salah satu mata kuliah di SI ITS yang mengajarkan tentang bisnis ini adalah Sistem Fungsional Bisnis.
Jadi, kuliah di SI ini tidak kaku. Tidak hanya tentang komputer. Tapi yang utama adalah tentang manajemen informasi dan pemanfaatan IT. Mulai dari berkomunikasi, manajemen IT, bagaimana menerapkan IT di masyarakat, dan juga menjual dan memanfaatkan IT dengan baik. Jadi, siapapun yang tertarik dengan IT dan juga tertarik berbisnis, SI (utamanya SI ITS) adalah jurusan yang tepat.
Sekian opini saya tentang jurusan yang saya cintai ini. Semoga artikel di atas bisa menambah informasi kita tentang SI, utamanya SI ITS. Terima kasih.



Artikel Terkait

1 comment:


  1. MODAL 50 RIBU SUDAH BISA JADI JUTAWAN!


    LANSUNG CEK ZEUSBOLA YA BOSQU



    WHATSAPP :+62 822-7710-4607
    TELEGRAM :@zeusbola
    FACEBOOK :zeusbolame
    INSTAGRAM :@zeusbola.official
    TWITTER :@zeusbola

    #depositaman #situsbandarterpercaya #pokeronline #depositpulsa #promoterbaru #sabungayam #zeusbolaterbaik #slotjudionline #bonusterbaik

    ReplyDelete