Thursday, December 15, 2011

Kuliah KI di Liponsos Keputih

Hari Selasa, 7 Desember 2011, para mahasiswa Sistem Informasi (SI) tahun 2011 yang mengikuti kuliah Keterampilan Interpersonal (KI) berkunjung ke Lingkungan Pondok Sosial (Liponsos) Keputih. Para mahasiswa diajak ke sana adalah untuk memenuhi standar kompetensi KI yaitu berempati. Selain itu, para mahasiswa juga diajak untuk berbagi dengan penghuni Liponsos.
       Para mahasiswa SI berkumpul di jurusan terlebih dahulu sebelum berangkat. Sekitar pukul 15.15 rombongan kuliah KI berangkat menuju Keputih. Meskipun sedang hujan, namun tidak mengurangi semangat para mahasiswa untuk mengikuti kuliah di luar kampus ini.


Setelah sampai di Liponsos, rombongan KI langsung digiring ke aula dan disambut oleh ibu-ibu pengurus dan penghuni Liponsos. Setelah semuanya siap, kegiatan ini pun dimulai. Diawali dengan pembukaan oleh bu Ninda dan dilanjutkan dengan sambutan dari bu Sujiati. Dalam sambutannya, bu Sujiati menjelaskan tentang Liponsos. Penghuninya yang rata-rata adalah lansia, gepeng, dan anjal. Bu Sujiati juga menjelaskan bahwa Liponsos ini hanya tempat transit. Di liponsos ini para ibu-ibu dan bapak-bapak yang ada diberi pelayanan kesehatan. Kemudian setelah dari Liponsos ini, ibu-ibu dan bapak-bapak akan disalurkan ke keluarga masing-masing ataupun disalurkan ke panti karya.
Setelah itu, para ibu-ibu dan mahasiswa dibagi menjadi kelompok-kelompok. Di dalam kelompok terdapat masing-masing 3-5 orang ibu-ibu. . Kebetulan di kelompok saya, kelompok Merdeka, ada ibu Sukarti, ibu Narti, ibu Supriya, dan ibu Sumiyati. Kami, kelompok Merdeka dan ibu-ibu bermain permainan lempar bola dan garis waktu. Lempar bola adalah permainan di mana pelempar dan yang dilempar/penerima bola berkenalan. Setiap orang yang bermain dalam permainan ini diharuskan saling menghafal nama. Permainan ini sangat efektif untuk kami dan ibu-ibu-ibu tadi untuk saling mengenal.

Berkelompok Besar
Setelah itu kelompok-kelompok besar dibagi menjadi kelompok kecil. Setiap kelompok kecil terdapat 1 orang ibu. Kelompok kecil saya mendapat kesempatan untuk bermain dengan ibu Supriya dari Surabaya. Di kelompok kecil itu, kami bermain garis waktu. Permainan ini adalah saling bercerita tentang pengalaman pribadi dengan ibu-ibu yang ada di Liponsos.

Berbagi Cerita
Setelah permainan usai, perwakilan dari ibu-ibu Liponsos menceritakan kesan-kesannya selama bermain dengan kami. Bahkan ada ibu-ibu yang menyanyi dangdut dengan semangat. Diikuti oleh Faris dan Nita yang menyanyikan lagu untuk ibu-ibu di Liponsos. Lagu Laskar Pelangi dan Bunda menjadi persembahan kami untuk para ibu-ibu di Liponsos. Rasa haru menyelimuti tatkala lagu Bunda dinyanyikan.
Setelah sedih-sedihan, saatnya kita memetik pembelajaran. Levi yang maju untuk memberikan kesan-kesannya. Levi mengingatkan kita untuk lebih semangat kuliah karena kita sudah mendapat fasilitas yang sangat baik. Sudah sepantasnya kita membuka mata hati kita dan berubah menjadi pribadi yang lebih baik lagi.
Setelah kesan-kesan dari Levi, giliran bu Ninda memberikan pembelajaran. Bu Ninda memberikan kita pembelajaran mengenai empati. Para mahasiswa sempat hening sejenak saat bu Ninda memberikan pembelajarannya. Semua mendengarkan dengan baik.
Foto Bersama
 Setelah itu acara diselesaikan dan para mahasiswa berfoto bersama dengan para penghuni Liponsos. Semua terlihat gembira di akhir acara. Benar-benar kegiatan yang menyenangkan sekaligus bermakna. Semoga kegiatan seperti ini bisa diperbanyak. Amin.




Sekian reportase saya mengenai kuliah KI di Liponsos Keputih. Terima kasih telah membaca.



Artikel Terkait

1 comment:


  1. MODAL 50 RIBU SUDAH BISA JADI JUTAWAN!


    LANSUNG CEK ZEUSBOLA YA BOSQU



    WHATSAPP :+62 822-7710-4607
    TELEGRAM :@zeusbola
    FACEBOOK :zeusbolame
    INSTAGRAM :@zeusbola.official
    TWITTER :@zeusbola

    #depositaman #situsbandarterpercaya #pokeronline #depositpulsa #promoterbaru #sabungayam #zeusbolaterbaik #slotjudionline #bonusterbaik

    ReplyDelete