Thursday, August 22, 2013

Pelangi Halo Matahari di Surabaya



           Tadi siang (21 Agustus 2013), sekitar jam 12, saya dan teman-teman saya kebetulan berada di jalan Tunjungan. Kami saat itu sedang memesan makan di sebuah warung di pinggiran jalan Tunjungan. Kami yang sedang menunggu makanan kami tiba-tiba melihat semua orang ramai-ramai keluar ke tepi jalan dan melihat ke atas langit. Saya yang saat itu sedang minum langsung penasaran dan berdiri dari kursi saya dan mencari tau apa yang sedang dilihat oleh orang-orang. Dan ternyata memang sesuatu yang indah yang belum pernah saya lihat sebelumnya terjadi di langit Surabaya siang itu. Pelangi halo melingkar di langit Surabaya yang cerah.

          Hari ini tanggal 21 Agustus 2013, saya melihat satu lagi keindahan fenomena alam ciptaan Allah SWT. Sebuah pelangi berbentuk lingkaran sempurna dengan titik pusatnya adalah matahari terpampang jelas di langit yang nyaris bersih tanpa awan itu. Susah memang untuk melihat langsung fenomena alam yang indah itu karena sinar mataharinya yang sangat silau. Namun beruntung buat saya. Berbekal sebuah hape android, saya berhasil mengambil beberapa gambar. Berikut ini foto-foto yang berhasil saya dapatkan.

 





          Halo (ἅλως; disebut juga nimbus, icebow, atau Gloriole) adalah fenomena optis berupa lingkaran cahaya di sekitar matahari dan bulan, dan kadang-kadang pada sumber cahaya lain seperti lampu penerangan jalan. Ada berbagai macam halo, tapi umumnya halo muncul disebabkan oleh kristal es pada awan cirrus yang dingin yang berada 5–10 km atau 3–6 mil di lapisan atas troposfer.
        Saat awan cirrus hanya merefleksikan dan merefraksikan cahaya matahari, biasanya halo yang terbentuk hanya cincin yang tak berwarna. Namun jika pada sudut yang tepat, bisa terjadi juga dispersi sehingga cincin yang terjadi juga berwarna seperti halnya pelangi. Contoh refraksi yang sederhana adalah saat anda melihat sedotan dalam gelas berisi air terlihat patah, atau permukaan dasar kolam yang terlihat menjadi lebih dekat ke permukaan daripada yang sebenarnya.
 

          Nah, saya bersyukur dapat melihat suatu fenomena alam yang indah ini. Saya belum pernah melihatnya sejelas ini di langit Surabaya. Mungkin pernah terjadi sebelumnya, tapi mungkin saya yang belum tau. Dan tentunya juga orang ini. Dia terlihat sangat antusias. Sepertinya dia juga baru pertama kali melihatnya. Hehe.


          Oke sekian dulu postingan saya tentang fenomena unik ini. Saya hanya ingin berbagi informasi dengan teman-teman yang mungkin melewatkan momen yang terjadi tadi siang. Terima kasih dan semoga bermanfaat :D



Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment