Wednesday, May 15, 2013

Ambigram-Me

          Ambigram adalah sebuah seni penataan bentuk, posisi, ukuran dan visualisasi huruf yang dirangkai menjadi kata sehingga dapat dibaca dari dua arah. Gambar di atas adalah contohnya. Saya pertama kali kenal dengan ambigram pada saat membaca buku Angels and Demons milik Dan Brown. Di buku tersebut dituliskan tentang Illuminati yang tulisannya adalah tulisan ambigram. Saya yang suka dengan seni dan desain suka dengan ambigram. Menurut saya seni ambigram adalah seni yang cerdas. Dan kali ini saya akan sedikit narsis dengan diri saya sendiri karena saya ingin memamerkan hasil utak-atik saya dengan ambigram.

          Pada saat saya sedang membaca buku Angels and Demons banyak sekali ambigram. Mulai dari kata illuminati itu sendiri, sampai elemennya yaitu Water, Air, Fire, Earth. Berikut ini adalah gambar dari ambigram tiap kata yang ada dalam buku Angels and Demons.


          Saya yang tertarik dengan seni ambigram, iseng untuk mengambil kertas dan bolpoin untuk membuat ambigram saya sendiri. Hal yang paling dekat untuk saya jadikan objek tulis ambigram tentu saja nama saya sendiri, Hendra. Saya mencoba mengambil kata Hendra karena saya melihat ada celah antara huruf awal dan akhir saya yang pas untuk dijadikan ambigram yaitu H dan A. Tidak berbeda jauh. Dan juga selain itu, saya melihat adanya peluang melihat jumlah huruf pada nama saya yang genap.
          Mulailah saya dengan bolpoin dan sedikit imajinasi. Saya putuskan membuat 3 huruf. HEN yang jika dibalik bisa dibaca sebagai DRA. Untuk huruf pertama sangat mudah. H dan A bukan huruf yang susah untuk dijadikan “mirror” satu sama lain. Masalah ada pada huruf E dan R kemudian D dan N. Meski awalnya sempet buntu harus diapakan 2 pasang huruf ini agar bisa di”mirror”kan, akhirnya saya menemukan caranya. Bukan dengan satu-per-satu huruf, tapi gabungan. EN dibalik menjadi DR. Dengan huruf N yang terbalik dan huruf E yang sedikit maksa, saya akhirnya dapat membuat sketsa gambar ambigram nama saya. Inilah hasil gambar pertama saya dengan ambigram :D

          Sisanya adalah pekerjaan dengan Paint untuk membuat gambar tersebut menjadi digital. Tidak susah karena sudah ada sketsa yang dibuat di kertas tadi. Sekarang tinggal menjiplaknya. Karena saya ingin pamer terutama di blog ini hehehe. Jadilah seperti ini nama saya dalam bentuk ambigram :D

          Sekian dulu sharing saya tentang pengalaman saya. Semoga bermanfaat. Terima kasih dan sampai jumpa :D




Artikel Terkait

5 comments: