Thursday, July 19, 2012

Puasa dan Kehidupan Sosial


Apa hubungan antara dua hal pada judul artikel ini? Itu mungkin jadi pertanyaan beberapa orang. Dan bila boleh dijawab, maka jawaban yang pas adalah banyak. Hubungan antara puasa bulan Ramdhan (karena kali ini suasananya adalah Ramadhan) dan kehidupan sosial sangat erat. Bahkan saling mendukung diantara keduanya.
Pertama, dari segi sosial sendiri, suasana sosial yang baik dapat mendukung terlaksananya ibadah kita di bulan Ramadhan. Kita merasakan sendiri, kehidupan sosial kita di sekitar kita bahkan seluruh dunia akan berubah menjelang bulan Ramadhan. Banyak sekali gembar-gembor mengenai puasa. Saat sahur dan berbuka puasa, banyak yang mengadakan kegiatan bersama. Warung-warung dan restoran sebagian besar akan tutup saat jam-jam puasa. Suasana seperti ini, sedikit banyak akan membuat kita lebih semangat dalam menjalankan puasa Ramadhan.
Sekarang jika ditilik dari segi puasa. Salah satu manfaat puasa (utamanya puasa Ramadhan) adalah dapat menciptakan kehidupan sosial yang lebih baik. Bagaimana tidak? Filosofi dari puasa itu sendiri adalah mengajarkan pada kita semua untuk ikut merasakan rasa lapar dan dahaga yang dirasakan oleh saudara-saudara kita yang kurang mampu. Sehingga akan tumbuh rasa kepedulian untuk saling membantu. Dari fakta tersebut sudah terlihat sekali bagaimana puasa dapat mempengaruhi kehidupan sosial manusia.
Selain itu, diperintahkan memberi zakat (bagi yang mampu) saat bulan Ramadhan adalah salah satu langkah konkrit yang bisa dilakukan untuk menindak lanjuti rasa kepedulian sosial yang sudah tumbuh selama kita menjalankan puasa Ramadhan. Kita tidak hanya ditunjukkan bagaimana rasanya orang yg kurang mampu dalam menahan lapar dan dahaga, tapi kita juga diperintahkan untuk membantu orang-orang yang kurang mampu tersebut lewat zakat.
Memang, kita harus mengakui bahwa Allah SWT Maha Segalanya. Sistem yang dibuat untuk puasa Ramadhan saja sudah sangat sempurna. Semua sudah dikonsep dengan baik dan tertata rapi. Dari masing-masing aspek, baik ibadah maupun kehidupan sosial, dua-duanya saling mendukung satu sama lain untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih mendekatkan kita kepada Allah SWT. Jadi, mari maksimalkan ibadah kita di bulan Ramadhan ini agar kita bisa lebih dekat dengan Allah SWT dan menjadi manusia yang lebih baik lagi. SELAMAT BERPUASA.




Artikel Terkait

1 comment:

  1. Mau dapat uang sampingan?

    Yuk Main Di Zeusbola!
    Modal Kecil Bisa Mendapatkan Keuntungan Yang Besar
    Tunggu Apalagi, Yok Segera Bergabung Bersama Kami di Zeusbola.

    INFO SELANJUTNYA SEGERA HUBUNGI KAMI DI :
    WHATSAPP :+62 822-7710-4607


    ReplyDelete