Wednesday, October 9, 2013

Resensi Film : Gravity


Judul          : Gravity
Sutradara   : Alfonso Cuaron
Genre         : Science Fiction, Thriller
Rilis            : 2013
Pemeran    : George Clooney, Sandra Bullock








Seorang insinyur medis bernama Ryan Stone (Sandra Bullock) sedang dalam misi pertamanya menggunakan pesawat ulang alik milik NASA. Ia ditemani pilot sekaligus astronot berpengalaman bernama Matt Kowalski yang diperankan oleh aktor tampan George Clooney. Selain mereka berdua ada banyak kru lain yang membantu. Dan mereka sudah 1 minggu berada di pos angkasa itu untuk memperbaiki satelit NASA yang sedang rusak.

Namun sesuatu yang tidak diinginkan terjadi ketika mereka sedang melakukan perbaikan di luar angkasa, bagian dari sebuah satelit lepas dan menghancurkan hampir seluruh pesawat ulang alik mereka. Semua kru yang bersama Ryan dan Kowalski meninggal. Meninggalkan mereka dalam ruang angkasa tak berbatas. Tanpa bisa berkomunikasi dengan bumi, Merekapun harus saling bekerja sama untuk hidup. Mampukah mereka bertahan hingga akhir?


        Gravity adalah sebuah film yang unik menurut saya. Di menit-menit awal adalah saat di mana kita disuguhkan pemandangan indah bumi dari luar angkasa. Rasanya mirip saat melihat film 5 cm saat memamerkan keindahan kawasan gunung Mahameru. Saya sebagai penonton serasa benar-benar berada di luar angkasa, melayang, berputar-putar tanpa gravitasi. Efek komputer yang sangat luar biasa menurut saya, karena saya dibuat berpikir seolah proses syutingnya benar-benar dilakukan di luar angkasa. Detil satelit yang sedang diperbaiki, gambaran ruang angkasa yang gelap dan dingin, dan juga penampakan bumi dari luar angkasa yang tampak begitu nyata. Selain itu teknik pengambilan gambar yang kadang disisipi mode first person membuat penonton merasakan sensasi yang berbeda. Detil kecil yang melayang-layang dan efek pop-up 3D juga sangat menyenangkan. Benar-benar seperti bepergian ke luar angkasa.



        Namun, itu hanya di menit-menit awal. Setelahnya, cerita mulai kompleks. Hancurnya pos dan juga satelit yang sedang diperbaiki membuat suasana menjadi tegang. Teriakan dan akting aktor dan aktrisnya serta efek gambar yang nyata disertai pop-up 3D dari puing-puing hancurnya satelit juga berhasil memainkan emosi penonton. Setidaknya, para penonton yang se-studio dengan saya sering berteriak "Awas! Awas! Eits eits. Jangan ke sana! AAA!".


          Setelah dibuat tegang, penonton dibuat geregetan dan kasihan dengan Ryan, yang terlempar jauh dari posnya tadi. Berusaha menghubungi Kowalski, penonton akan dibuat putus asa seperti apa yang dirasakan Ryan yang terus berputar-putar di ruang angkasa yang gelap dan tak terbatas luasnya itu. Dengan hanya sisa oksigen 9% dan terus terombang-ambing di angkasa, Ryan semakin putus asa. Sampai akhirnya, Kowalski dapat menjangkau frekuensi jaringan Ryan dan menolongnya.


         Penonton yang lega kembali dimainkan emosinya. Kali ini, Kowalski dan Ryan yang terombang-ambing berdua, berusaha menuju pos satelit milik Rusia yang tempatnya cukup jauh. Saat perjalanan, Kowalski berusaha menghibur Ryan yang terlihat shock, sedih, dan putus asa dengan mengajaknya ngobrol tentang masa lalu. Kisah sedih hidup Ryan dan curhatan Ryan tentang kerinduannya terhadap Bumi membuat penonton digiring emosinya untuk merasakan hal yang sama.



Durasinya yang terhitung cukup singkat dan jalan cerita yang tidak begitu panjang, tidak membuat film ini jelek. Sebaliknya, permainan emosi, ketegangan, dan lelucon yang pas, efek visualnya yang diolah cukup apik dan akting Sandra Bullock dan George Clooney yang juga sangat bagus dijamin akan membuat penonton merasakan pengalaman yang unik. Film yang akan membuat kamu merasakan pengalaman menjelajah luar angkasa dengan lebih nyata dan juga menyajikan cerita yang tidak kalah bagusnya. Awesome!!!



         Cukup sekian dulu resensi dari saya. Maaf jika terlalu banyak spoiler. Tapi saya yakin, spoiler tidak akan membuat anda tidak ingin menonton film ini. Karena menurut saya, pengalaman berada di luar angkasa sepanjang film pastinya lebih menarik untuk anda. So, jangan lewatkan film ini. Terima kasih sudah berkunjung :D



Artikel Terkait

2 comments:

  1. hipo, numpang komen. :D
    aku mau nulis review buat blog ku muales, jadi aku nunut komen ae :P

    asli, film ini asik banget. efek muter2 di awal sempet bikin pusing sih, tapi at least agak ngerasain gimana rasanya di luar angkasa. haha.
    ceritanya sebenernya simpel, tapi ngemasnya asik banget.
    efek 3d nya dapet banget, beras kena puing2 pecahan juga. haha.
    bagus deeh pokoknya. untung aku nonton film ini di bioskop & 3d pisan. haha :D

    ReplyDelete
  2. itu yang teriak "awas awas" ludahin aja
    nonton di bioskop kok rame2
    ndeso

    ReplyDelete