Thursday, October 24, 2013

Pameran Kelistrikan Indonesia 2013


Kemarin, Rabu 23 Oktober 2013, ketika saya dan teman-teman akan menemui seseorang di Grand City, kami diminta ketemuan di Convention & Exhibition Grand City. Awalnya kami tidak tahu ada acara apa di sana. Namun setelah sampai di tempatnya, kami baru sadar jika di Grand City sedang ada Pameran Kelistrikan 2013. Suatu kebetulan yang menarik menurut saya. Jadilah saya dan teman-teman saya akhirnya jalan-jalan mengelilingi Pameran Kelistrikan 2013 (meskipun sebenarnya jurusan kita tidak ada hubungannya dengan elektro, transformer, generator dan sebagainya itu). Berikut cerita mengenai Pameran Kelistrikan 2013.
Pameran Kelistrikan ini digelar untuk yang keempat kalinya dan merupakan rangkaian dari peringatan Hari Listrik Nasional yang jatuh pada tanggal 27 Oktober 2013. Pada event kali ini akan diselenggarakan pameran, seminar dan forum bisnis. Acara ini diharapkan menjadi salah satu sarana untuk membangun komunikasi intensif antara seluruh stakeholders di industri ketenagalistrikan dalam pengembangan komponen lokal di industri kelistrikan dan energi. Selain itu juga dapat menjadi ajang komunikasi dan forum bisnis untuk mencari solusi optimalisasi dan pemanfaatan komponen lokal sehingga dapat menjadi tuan rumah di negeri sendiri di masa yang akan datang.

Pameran Kelistrikan Indonesia 2013
Pengunjung pameran ini terdiri dari pemangku kepentingan dan pengusaha swasta di bidang kelistrikan dan energi terkemuka. Juga para petinggi Negara, CEO, Managing Director, General Manager, dan Eksekutif lainnya sebagai penentu strategi di perusahaan masing-masing. Diantaranya: Kalangan pemerintahan, Investor dan Kontraktor, Independent Power Producer (IPP), Coal-Oil & Gas Company, Electrical Supplier, Engineers, Electrical Factory & Producer, Finance, Asosiasi & Konsultan Kelistrikan, serta masyarakat lainnya.

Pengunjung
Pengunjung 1
Banyak sekali perusahaan-perusahaan besar yang ikut serta dalam Pameran ini. Beberapa di antaranya adalah perusahaan Medco, PGN, Mitsubishi Heavy Industries, PLN, Imeco, Pertamina dan banyak lagi. Tak kurang 100 perusahaan kelistrikan dan energi ambil bagian dalam pameran. Salah satu peserta pameran adalah industri teknologi turbin dari Iran.

Voksel Electric
Medco Energi
PGN
Siemens
Pertamina
Selain stan untuk perusahaan, ada juga stan yang cukup menarik perhatian. Terdapat stan dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Di stan ini, ITS menampilkan karya-karya mahasiswa yang berhasil menjuarai berbagai perlombaan. Banyak sekali alat kelistrikan yang ada di stan ITS. Mahasiswa yang menjaga stan ITS pun tidak pernah berhenti melayani pengunjung yang bertanya tentang keunikan alat-alat buatan mahasiswa ITS.

Stan ITS
Mahasiswa ITS sedang melayani pertanyaan pengunjung
Alat dari ITS
Setelah melihat dan datang ke Pameran Kelistrikan 2013 ini, saya melihat bahwa event seperti ini seharusnya lebih menyebar informasinya ke mahasiswa. Hal ini penting karena menurut saya, mahasiswa dapat melihat banyak sekali perusahaan besar yang mungkin akan menjadi tujuan selanjutnya dari mahasiswa tersebut. Dengan datang ke pameran seperti ini, akan memudahkan untuk mencari berbagai informasi tentang perusahaan maupun tentang kelistrikan.

Transformer
Batu Bara
Sekian dulu informasi dari saya mengenai Pameran Kelistrikan 2013 ini. Sekedar informasi bahwa Pameran Kelistrikan ini ada di Grand City sampai tanggal 25 Oktober. Jadi jika ingin berkunjung, silahkan datang langsung ke Grand City. Semoga bermanfaat. Terima kasih.



Artikel Terkait

1 comment: