Saturday, November 10, 2012

Dies Natalis ITS ke-52 bersama Pak Habibie

        10 Nopember 2012. Merupakan hari Pahlawan Nasional sekaligus Dies Natalis dari kampus saya tercinta, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Nah, dalam rangka peringatan hari jadi ITS yang ke-52, ITS menyelenggarakan sebuah acara yang cukup menarik yaitu Rapat Terbuka dengan menghadirkan seseorang yang sudah tidak asing lagi. Orang tersebut adalah Presiden RI ke-3, Prof. Dr. -Ing. Bacharuddin Jusuf Habibie.

Acara ini sebenarnya sudah terdengar sejak lama. Banyak sekali teman-teman mahasiswa ITS yang sangat antusias untuk ikut di acara yang diselenggarakan di Graha 10 Nopember ITS itu. Apalagi saat mengetahui bahwa kuotanya dibatasi. Makin bertambah antusias para mahasiswa ITS utamanya penggemar Pak Habibie.
Alhamdulillah, atas ajakan teman saya, tadi pagi saya bisa menyempatkan diri bangun pagi-pagi untuk mengikuti acara Rapat Terbuka bersama Pak Habibie ini. Apa yang saya lihat di Graha tadi pagi dengan apa yang sering saya lihat di kampus sehari-hari sungguh berbeda. Memakai baju yang rapi dan formal lengkap dengan jas almamater, pagi-pagi sudah sangat ramai mahasiswa, dan wajah-wajah mahasiswa yang datang juga bersemangat. Begitu antusiasnya hanya karena ada Pak Habibie.
Singkat cerita saya masuk ke Graha dan kebetulan mendapat tempat di lantai 3. Itu karena tempat duduk di lantai 2 Graha sudah penuh. Padahal saya datang jam setengah 8 pagi. 1,5 jam sebelum acara dan bangku sudah penuh. Kalo kuliah aja. 30 menit setelah kadang masih ada baru masuk. Hehe. Lanjut aja. Sampai di dalam, saya langsung mengambil beberapa foto. Ya meskipun pakai kamera HP yang gak terlalu bagus, tapi saya berhasil memotret beberapa momen dari tempat duduk saya.
Suasana di lantai 3 Graha ITS
Panggung dari sudut pandang lantai 3
LCD Proyektor
Terlihat tribun lantai 3 graha sudah hampir penuh sekitar h-1 jam acara. Itu menunjukkan antusiasme mahasiswa ITS untuk melihat ilmuwan jenius asal Indonesia yaitu Pak Habibie.
Sayang, dari tempat saya duduk, susah sekali untuk melihat ke panggung secara langsung dengan jelas. Saya hanya bisa melihat dengan jelas lewat layar proyektor. Tapi tetap, tidak mengurangi antusiasme kami, mahasiswa ITS yang mengidolakan Pak Habibie untuk mengikuti acara.
Acara diawali dengan persembahan dari UKM tari ITS yang menampilkan beberapa tarian kreasi. Sangat menarik untuk dilihat meskipun tidak terlalu jelas dari lantai 3. Kemudian rombongan Rektor ITS, Guru Besar beserta tamu istimewa, Pak Habibie datang. Mahasiswa pun langsung bertepuk tangan melihat orang yang ditunggu-tunggu sudah hadir. Dari awal pembukaan oleh rektor ITS sampai orasi ilmiah yang disampaikan Pak Habibie, hampir semua mahasiswa yang ada di lantai 3 setia megikuti acara. Berikut beberapa momen yang bisa saya ambil (meskipun tidak terlalu jelas. Maklum kamera HP.)
Tari Kreasi 1
Tari Kreasi 2
Orasi Ilmiah Pak Habibie 
Peserta berdiri

Ada sedikit side story dari temen saya yang tadi duduk di sebelah saya waktu acara orasi ilmiah dari Pak Habibie. Temen saya ini matanya berkaca-kaca saking senengnya melihat Pak Habibie. Pas saya tanya ternyata dia memang ngefans berat sama Pak Habibie. Kalo fans udah ketemu idolanya. Ada aja ceritanya. Ada lagi side story dari anak-anak yang telat dan harus duduk di tribun eksklusif. Cek aja langsung ke gambar.
Tribun eksklusif (lingkaran hitam)
Dari hari ini, saya mendapat pelajaran bahwa menjadi orang yang bisa menginspirasi orang lain seperti Pak Habibie memang susah. Namun jika dilihat, efeknya sangat terasa. Dari yang kecil saja seperti membuat mahasiswa ITS bangun pagi. Jadi, buat saya, lebih baik jadi orang yang berpengaruh daripada hanya sekedar pintar namun tidak ada pengaruhnya buat orang lain.
Sekian sedikit cerita dari saya. Semoga bermanfaat. Terima kasih. 




Artikel Terkait

1 comment:

  1. Mau dapat uang sampingan?

    Yuk Main Di Zeusbola!
    Modal Kecil Bisa Mendapatkan Keuntungan Yang Besar
    Tunggu Apalagi, Yok Segera Bergabung Bersama Kami di Zeusbola.

    INFO SELANJUTNYA SEGERA HUBUNGI KAMI DI :
    WHATSAPP :+62 822-7710-4607


    ReplyDelete