Thursday, May 22, 2014

Resensi Film : X-Men Days of Future Past


Judul          : X-Men Days of Future Past
Sutradara   : Bryan Singer
Genre         : Thriller, Action, Fiction
Rilis            : 2014
Pemeran    : Patrick Stewart, Hugh Jackman, Jennifer Lawrence







Mencoba menggabungkan antara trilogi X-Men, Duology Wolverine, dan X-Men First Class, dibuatlah film berjudul X-Men Days of Future Past. Timeline film ini dimulai setelah X-Men Last Stand, di mana manusia dan mutan terancam punah dikarenakan robot pemusnah bernama Sentinel. Anggota X-Men yang tersisa, dipimpin oleh Magneto dan Professor X mencoba mempertahankan diri karena X-Men lah spesies mutan terakhir yang masih tersisa di bumi ini. Karena semakin terdesak oleh Sentinel, langkah ekstrim dilakukan oleh Professor X. Dia mengirim alam bawah sadar Wolverine yang sekarang ke tubuhnya di masa lalu dengan bantuan Kitty. Ide itu muncul dengan harapan bahwa masa depan akan berubah dengan usaha tersebut.
Wolverine bersama Professor X muda dan Magneto muda berusaha mengubah sejarah dengan mengejar Bolivar Trask, pencipta dari robot pemusnah Sentinel. Dengan dibantu Beast, Quicksilver dan mutan lainnya, berhasilkah misi mengubah sejarah yang dilakukan X-Men?
Kesan pertama saya sesaat setelah masuk bioskop adalah saya merasa kembali ke X-Men yang dulu (tahun 2000). Gaya dari Bryan Singer kembali lagi dan itu menurut saya keren. Setelah sempat melenceng jauh, kali ini Bryan Singer sukses memadukan semua film X-Men terdahulu menjadi satu. Meskipun masih banyak pertanyaan yang mengganjal, tapi film ini menurut saya sukses menyatukan kembali saga X-Men kembali ke jalan yang benar.
Dari segi visual effect, menurut saya film ini tidak terlalu menonjol. Minimalis namun tidak terasa kurang. Namun dengan visual effect minimalis, Bryan Singer berhasil membuat sebuah cerita yang mengesankan. Ceritanya sangat rumit, sampai-sampai saya dan teman saya yang menonton bareng memegang kepala karena pusing dengan kerumitan cerita yang disajikan. Film ini sama sekali tidak cocok untuk anak kecil maupun orang yang belum pernah melihat X-Men sebelumnya karena pasti akan bertanya-tanya tentang banyak hal saking rumitnya. Saya yang sudah melihat semua saga X-Men dan Wolverine pun masih pusing dibuatnya.
Jadi menurut saya ini film yang sangat bagus. Membawa franchise X-Men ke babak baru tanpa melakukan reboot. Ceritanya rumit dan berat menurut saya, tapi semakin membuat X-Men Days of Future Past ini menarik. Dan yang paling saya suka adalah, dialog-dialognya indah. Banyak pelajaran yang bisa diambil dari percakapan tokoh-tokoh yang ada. Sungguh sebuah film yang membuat saya kagum karena memilih untuk mengulang cerita X-Men dari awal tanpa melakukan reboot dan dengan cerita yang sangat kuat. Sangat brillian!
Sekian dulu review singkat dari saya. Nanti akan saya review lebih dalam lagi mengenai film ini karena sangat banyak sebenarnya yang ingin saya share. Tapi untuk kali ini cukup segini dulu. Terima kasih sudah membaca dan semoga bermanfaat :D

*SPOILER : JANGAN PERGI DARI BIOSKOP SAMPAI DETIK TERAKHIR CREDIT*



Artikel Terkait

6 comments:

  1. Menurut saya seri terakhir dri DoFP yang paling menarik, ceritanya 5/5 dan seperti yang penulis sudah sebutkan, DoFP menyatukan cerita XMen yg sdh ada sebelumnya termasuk cerita Wolverine. Namun pertanyaan saya utk bagian terakhir DoFP adl, setelah Wolverine diselamatkan olh Mytique dri dasar laut, scene selanjutnya memunculkan Wolverine di suatu masa di mana, ia terbangun di dalam kamar di sekolah Xavier. Scene itu spt adegan di mana Wolverine terbangun di tahun '73 disaat dia dikirim oleh Kitty dri masa depan. Yang agk sedikit membingungkan saya adl, Wolverine di masa depan seharusnya sdh mati karena dibunuh oleh Sentinel, namun tubuhnya ada di masa lalu (tenggelam) namun selamat dan kemudian dia terbangun dan mengatakan hal terakhir yang dia ingat adlh tenggelam. Apakah ada 2 Wolverine, satu, yang tenggelam (berasal dri masa depan) dan yang ke dua, adalah Wolverine yang mmng sdh hidup di masa sebelum Wolverine masa depan kembali ke masa lalu? Heheheh membingungkan mungkin penjelasan saya, tapi saya sendiri belum bisa menjahit antara scene di akhir film DoFP

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya bantu jawab sedikit bro. sesaat sebelum logan di kirim ke masa lalu prof. x bilang ke logan kalo dia berhasil ngubah masa depan, masa depan yang suram itu cuma dia yang bisa inget.

      terus juga ada scene pas kesadaran logan jaman 1973 balik lagi waktu ketika dia ketemu mystique di gedung apa gitu yang pas gagalin pembunuhan itu.

      jadi menurut saya, iya ada 2 logan yang tenggelem, terus balik ke masa depan liat masa depan berubah. sama logan yang hidup setelah tubuhnya di angkat dari danau (yang ga inget apa apa)

      Delete
    2. Ada 2 kesadaran mungkin lebih tepatnya gan.. Bukan ada 2 Wolverine..

      Delete
  2. gmn caranya mw copy ya?

    ReplyDelete